DIAGNOSIS MESIN HIDROLIK CUCI STEAM KENDARAAN
TUGAS
TEKNIK PERAWATAN MESIN
DIAGNOSIS
DAN ANALISA KERUSAKAN PADA MESIN HIDROLIK CUCI STEAM KENDARAAN DENGAN METODE FISHBONE
Nama Kelompok :
1. Iqbal Bayu Kurniawan (22417948)
2. Fathoni
3. Choironi Fadli
4. Farenanda Eka Saputro
Bagi sebagian orang yang membuka usaha cucian mobil dan
motor hidrolik, kadang mengalami yang namanya kerusakan pada hidrolik cuci
mobil dan motor. Itu bisa disebabkan karena beberapa faktor, kita bisa
mengindikasi nya dengan periksa bagian dari komponen hidrolik cuci mobil dan
motor tersebut untuk mengetahui penyebab kerusakan yang terjadi pada hidrolik
cuci mobil anda. Berbagi penyebab Kerusakan hidrolik cuci mobil dan motor, dan
cara mengatasinya agar anda sendiri dapat mengatasi permasalahan jika hal ini
terjadi tanpa harus mendatangkan tehnisi yang tentunya akan memakan waktu
dan biaya.
Gambar
1. Bagian-Bagian & Komponen pada Hidrolik
Kerusakan
Hidrolik cuci mobil dan motor dapat terjadi karna beberapa faktor jika di
tinjau dari Prinsip kerjanya. Hidrolik cuci dapat bekerja sebagai mana mestinya
jika mendapatkan suplay atau tekanan udara yang cukup dari kompresor, sehingga
penyebab kerusakan hidrolik cuci mobil atau gejala kerusakan yang sering timbul
disebabkan karna Hidrolik itu sendiri atau ada kekurangan dari kompresornya.
Pada kerusakan hidrolik cuci mobil yang sering dialami kadang hidrolik cuci
mobil dan motor turun sendiri, lalu apa penyebabnya ? coba periksa komponen
hidrolik nya, sehingga kita bisa mengindikasi penyebab kerusakan hidrolik.
Berikut ini gejala dan cara mengatasi jika terjadi gejala pada hidrolik cuci
anda, antara lain:
KLASIFIKASI KERUSAKAN
1.
Kebocoran
pada Komponen Hidrolik
Jika hidrolik cuci mobil anda turun
sendiri, itu biasanya disebabkan adanya kebocoran udara pada komponennya maupun
pada saat instalasi seperti ; kebocoran pada pipa instalasi, masalah pada seal
hidrolik, angin palsu, dan kebocoran pada busing hidrolik.
a)
Kebocoran pada pipa instalasi
Kebocoran
pada pipa instalasi itu biasanya disebabkan karena usia hidrolik yang sudah
cukup lama, atau bisa juga karena kondisi tempatnya yang memungkinkan hidrolik
tersebut mengalami korosi. Solusinya dengan mencari letak kebocorannya dimana,
lalu ditambal. Atau lebih dengan mengganti nya dengan yang baru.
b)
Masalah pada seal hidrolik
Penyebab
berikutnya yang mengakibatkan hidrolik mobil turun sendiri adalah kerusakan
pada seal hidrolik. Ini bisa diidentifikasi dengan adanya rembesan oli pada
seal hidrolik cuci mobil. Solusinya adalah dengan mengganti seal hidrolik yang
baru.
c)
Angin palsu
Angin
palsu juga bisa jadi masalah bagi hidrolik cuci mobil. Penyebab angin palsu ini
bisa terjadi karena pada saat melakukan penambahan oli hidrolik, sepuyer angin
tidak dilepas, ini bisa menyebabkan tekanan balik yang akhirnya hidrolik cuci mobil
turun sendiri. Solusinya, turunkan piston sampai mentok, buka bagian lubang
pada pengisina oli hidrolik dan buka sepuyernya biarkan gelembung-gelembung oli
sampai habis kira-kira dibutuhkan waktu 15 menit. Setelah itu ditutup kembali.
d)
Kebocoran busing hidrolik
Penyebab
yang terakhir ini biasanya jarang terjadi, tapi untuk antisipasi jika ada
kebocoran pada busing hidrolik bisa dengan mengundang tekhnisi untuk
memperbaikinya.
2.
Hentakan
Hidrolik Cuci Steam saat Naik Full
Penyebab hidrolik ngehentak bisa
dikarenakan ruang piston hidrolik yang kosong olinya, sehingga tekanan udara
tidak tertahan oleh oli sehingga ada hentakan pada hidrolik saat naik. Karena
fungsi oli disini untuk mengatur pelannya naik turun hidrolik. Lalu sara
menanganinya dengan tambahkan oli pada hidrolik.
3.
Hidrolik
Tidak Mampu Mengangkat Beban
Ini bisa disebabkan karena kurangnya
suplai udara dari kompresor. Maka solusinya dengan mengganti kompresor yang
lebih besar.
Gambar 2.
Potensi Kendaraan Terjatuh
(Sumber : https://blog-media.lifepal.co.id/wp-content/uploads/2017/09/cuci-mobil-hidrolik1.jpg)
4.
Hidrolik Tidak
Dapat Turun Padahal Udara di Piston Sudah Habis
Hal ini biasanya
terjadi pada Hidrolik cuci mobil yang masih baru, penyebabnya adalah factor
pemasangan dan perakitan hidrolik dari pabrik. Solusinya putar piston sedikit
demi sedikit hingga piston hidrolik beranjak turun. Dan jika piston tidak juga bisa turun padaha
sudah diputar, segera hubungi perusahaan tempat anda membeli alat untuk meminta
solusi terbaiknya.
ANALISA KERUSAKAN
Dari klasifikasi kerusakan pada mesin hidrolik cuci steam
mobil dan motor diatas, didapat jenis kerusakan mesin yang sering terjadi
menurut survey saya di Internet yaitu bocornya komponen hidrolik mesin cuci
steam tersebut, sehingga perlu analisis kerusakan menggunakan metode diagram
sebab-akibat (fish bone) untuk
mengetahui penyebab bocornya kompenen hidrolik pada mesin cuci steam angkat
kendaraan dan mencari akar dari masalahnya.
Gambar
3. Fishbone Method
Keterangan
:
1. Mind
Power
-
Pemilihan pipa instalasi yang kurang tepat
Pemilihan pipa instalasi harus dengan benar,
karena jika pemilihan tidak tepat resiko kebocoran pada pipa instalasi akan besar terjadi, biasanya kebocoran
tersebut disebabkan karena usia hidrolik yang sudah cukup lama, atau bisa juga
karena kondisi tempatnya yang memungkinkan hidrolik tersebut mengalami korosi.
-
Pemilihan
busing hidrolik yang tidak tepat
Walaupun pada busing hidrolik ini jarang
terjadi kebocoran tapi jika pemilihannya tidak tepat akan menyebabkan masalah
yang cukup rumit, jika ada
kebocoran pada busing hidrolik bisa dengan mengundang tekhnisi untuk
memperbaikinya.
-
Pemilihan
seal hidrolik yang kurang tepat
Pemilihan
seal hidrolik yang kurang tepat ini bisa diidentifikasi dengan adanya rembesan oli pada seal hidrolik
cuci mobil. Solusinya adalah dengan mengganti seal hidrolik yang baru.
2. Methods
-
Tindakan perbaikan yang kurang tepat
Faktor perbaikan pula yang menambah
kebocoran pada komponen hidrolik, perbaikan yang kurang tepat membuat masalah
yang harusnya terselesaikan malah menjadi terulang kembali, seperti menambal
berkali kali kebocoran pada pipa instalasi yang sudah korosi, lebih di
rekomendasi untuk menggantinya dengan yang baru agar kerusakan tidak berulang
terus menerus.
-
Tindakan
penggantian yang tidak tepat
Penggantian yang tidak tepat juga dapat
membuat masalah kerusakan tidak cepat terselesaikan, seperti pemasangan busing
hidrolik yang tidak sesuai standarnya atau terkesan mencoba coba, lebih baik
memanggil tekhnisi untuk
memperbaikinya.
3. Machine
-
Pipa instalasi sudah berumur / korosi
Pipa instalsi yang sudah berumur / korosi
dapat menyebabkan hidrolik tidak bekerja dengan baik, karena tindakan yang
kurang tepat dapat menambah kebocoran pada komponen hidrolik itu sendiri.
-
Piston hidrolik turun dengan sendiri
Piston hidrolik dapat turun sendiri,
penyebab kerusakannya yaitu ada pada seal hidrolik cuci steam kendaraan, karena
rembesan oli pada seal hidrolik dan pemilihan seal hidrolik yang kurang tepat.
Solusinya yaitu mengganti seal hidrolik dengan yang baru.
-
Angin palsu pada hidrolik
Angin
palsu juga bisa jadi masalah bagi hidrolik cuci mobil. Penyebab angin palsu ini
bisa terjadi karena pada saat melakukan penambahan oli hidrolik, sepuyer angin
tidak dilepas, ini bisa menyebabkan tekanan balik yang akhirnya piston hidrolik
cuci mobil turun sendiri. Solusinya, turunkan piston sampai mentok, buka bagian
lubang pada pengisina oli hidrolik dan buka sepuyernya biarkan
gelembung-gelembung oli sampai habis kira-kira dibutuhkan waktu 15 menit.
Setelah itu ditutup kembali.
4. Materials
-
Pelumasan pada hidrolik tidak tepat
Pelumasan oli pada hidrolik tidak tepat
dapat juga merusak bagian dan komponen pada mesin hidrolik itu sendiri. Gunakan
oli yang standar pada hidrolik karena
fungsi oli disini untuk mengatur pelannya naik turun hidrolik dan dapat
menanganinya dengan tambahkan oli pada hidrolik.
-
Kesalahan
pada saat pengisian oli hidrolik
Kesalahan
pada saat melakukan penambahan atau pengisian oli hidrolik dan sepuyer angin
tidak dilepas, ini bisa menyebabkan tekanan balik yang akhirnya piston hidrolik
cuci mobil turun sendiri. Lakukan penambahan atau pengisian oli pada hidrolik
dengan standar yang benar.
Setelah
dilakukan analisis penyebab dengan diagram sebab-akibat (fish bone) dan berdasarkan analisa saya sendiri, maka didapat
penyebab dominan yang menyebabkan bocornya komponen pada hidrolik cuci steam
kendaraan, yaitu:
1)
Kebocoran pada pipa instalasi hidrolik
2)
Masalah pada seal hidrolik
3)
Angin palsu pada hidrolik
4)
Permasalahan pada piston hidrolik
Saran
saya untuk mencegah hal tersebut terjadi adalah Periksalah volume oli yang
terdapat pada tabung Hidrolik Mobil atau Motor, Jika ternyata volume oli
tersebut berkurang, maka lakukan penambahan hingga sesuai ketentuan. Pergunakan
oli bekas yang telah anda saring atau anda endapkan.
Periksalah
bagian piston Hidrolik Mobil atau Motor, jika permukaan piston kering, maka hal
ini adalah normal dan hidrolik dalam kondisi baik. tapi jika dinding piston ini
basah oleh oli, maka lakukanlah penggantian seal hidrolik. Biasakanlah
membersihkan dinding piston sebelum piston tersebut diturunkan. Hal ini untuk
mencegah terjadinya kerusakan pada dinding piston dan seal hidrolik yang
diakibatkan oleh pasir atau kotoran lainnya.
DAFTAR PUSTAKA
Komentar
Posting Komentar