DIAGNOSIS MESIN HIDROLIK CUCI STEAM KENDARAAN


TUGAS TEKNIK PERAWATAN MESIN
DIAGNOSIS DAN ANALISA KERUSAKAN PADA MESIN HIDROLIK CUCI STEAM KENDARAAN DENGAN METODE FISHBONE


Nama Kelompok :

                                                    1. Iqbal Bayu Kurniawan (22417948)
                                                    2. Fathoni
                                                    3. Choironi Fadli
                                                    4. Farenanda Eka Saputro


            Bagi sebagian orang yang membuka usaha cucian mobil dan motor hidrolik, kadang mengalami yang namanya kerusakan pada hidrolik cuci mobil dan motor. Itu bisa disebabkan karena beberapa faktor, kita bisa mengindikasi nya dengan periksa bagian dari komponen hidrolik cuci mobil dan motor tersebut untuk mengetahui penyebab kerusakan yang terjadi pada hidrolik cuci mobil anda. Berbagi penyebab Kerusakan hidrolik cuci mobil dan motor, dan cara mengatasinya agar anda sendiri dapat mengatasi permasalahan jika hal ini terjadi tanpa harus mendatangkan tehnisi yang tentunya akan memakan waktu dan  biaya.

Gambar 1. Bagian-Bagian & Komponen pada Hidrolik

Kerusakan Hidrolik cuci mobil dan motor dapat terjadi karna beberapa faktor jika di tinjau dari Prinsip kerjanya. Hidrolik cuci dapat bekerja sebagai mana mestinya jika mendapatkan suplay atau tekanan udara yang cukup dari kompresor, sehingga penyebab kerusakan hidrolik cuci mobil atau gejala kerusakan yang sering timbul disebabkan karna Hidrolik itu sendiri atau ada kekurangan dari kompresornya. Pada kerusakan hidrolik cuci mobil yang sering dialami kadang hidrolik cuci mobil dan motor turun sendiri, lalu apa penyebabnya ? coba periksa komponen hidrolik nya, sehingga kita bisa mengindikasi penyebab kerusakan hidrolik. Berikut ini gejala dan cara mengatasi jika terjadi gejala pada hidrolik cuci anda, antara lain:


KLASIFIKASI KERUSAKAN

1.        Kebocoran pada Komponen Hidrolik
Jika hidrolik cuci mobil anda turun sendiri, itu biasanya disebabkan adanya kebocoran udara pada komponennya maupun pada saat instalasi seperti ; kebocoran pada pipa instalasi, masalah pada seal hidrolik, angin palsu, dan kebocoran pada busing hidrolik.
a)    Kebocoran pada pipa instalasi
Kebocoran pada pipa instalasi itu biasanya disebabkan karena usia hidrolik yang sudah cukup lama, atau bisa juga karena kondisi tempatnya yang memungkinkan hidrolik tersebut mengalami korosi. Solusinya dengan mencari letak kebocorannya dimana, lalu ditambal. Atau lebih dengan mengganti nya dengan yang baru.
b)   Masalah pada seal hidrolik
Penyebab berikutnya yang mengakibatkan hidrolik mobil turun sendiri adalah kerusakan pada seal hidrolik. Ini bisa diidentifikasi dengan adanya rembesan oli pada seal hidrolik cuci mobil. Solusinya adalah dengan mengganti seal hidrolik yang baru.
c)    Angin palsu
Angin palsu juga bisa jadi masalah bagi hidrolik cuci mobil. Penyebab angin palsu ini bisa terjadi karena pada saat melakukan penambahan oli hidrolik, sepuyer angin tidak dilepas, ini bisa menyebabkan tekanan balik yang akhirnya hidrolik cuci mobil turun sendiri. Solusinya, turunkan piston sampai mentok, buka bagian lubang pada pengisina oli hidrolik dan buka sepuyernya biarkan gelembung-gelembung oli sampai habis kira-kira dibutuhkan waktu 15 menit. Setelah itu ditutup kembali.
d)   Kebocoran busing hidrolik
Penyebab yang terakhir ini biasanya jarang terjadi, tapi untuk antisipasi jika ada kebocoran pada busing hidrolik bisa dengan mengundang tekhnisi untuk memperbaikinya.

2.        Hentakan Hidrolik Cuci Steam saat Naik Full
Penyebab hidrolik ngehentak bisa dikarenakan ruang piston hidrolik yang kosong olinya, sehingga tekanan udara tidak tertahan oleh oli sehingga ada hentakan pada hidrolik saat naik. Karena fungsi oli disini untuk mengatur pelannya naik turun hidrolik. Lalu sara menanganinya dengan tambahkan oli pada hidrolik.

3.        Hidrolik Tidak Mampu Mengangkat Beban
Ini bisa disebabkan karena kurangnya suplai udara dari kompresor. Maka solusinya dengan mengganti kompresor yang lebih besar.

Gambar 2. Potensi Kendaraan Terjatuh
(Sumber : https://blog-media.lifepal.co.id/wp-content/uploads/2017/09/cuci-mobil-hidrolik1.jpg)

4.        Hidrolik Tidak Dapat Turun Padahal Udara di Piston Sudah Habis
Hal ini biasanya terjadi pada Hidrolik cuci mobil yang masih baru, penyebabnya adalah factor pemasangan dan perakitan hidrolik dari pabrik. Solusinya putar piston sedikit demi sedikit hingga piston hidrolik beranjak turun.  Dan jika piston tidak juga bisa turun padaha sudah diputar, segera hubungi perusahaan tempat anda membeli alat untuk meminta solusi terbaiknya.


ANALISA KERUSAKAN

            Dari klasifikasi kerusakan pada mesin hidrolik cuci steam mobil dan motor diatas, didapat jenis kerusakan mesin yang sering terjadi menurut survey saya di Internet yaitu bocornya komponen hidrolik mesin cuci steam tersebut, sehingga perlu analisis kerusakan menggunakan metode diagram sebab-akibat (fish bone) untuk mengetahui penyebab bocornya kompenen hidrolik pada mesin cuci steam angkat kendaraan dan mencari akar dari masalahnya.

Gambar 3. Fishbone Method

Keterangan :
1.    Mind Power
-          Pemilihan pipa instalasi yang kurang tepat
Pemilihan pipa instalasi harus dengan benar, karena jika pemilihan tidak tepat resiko kebocoran pada pipa instalasi akan besar terjadi, biasanya kebocoran tersebut disebabkan karena usia hidrolik yang sudah cukup lama, atau bisa juga karena kondisi tempatnya yang memungkinkan hidrolik tersebut mengalami korosi.
-          Pemilihan busing hidrolik yang tidak tepat
Walaupun pada busing hidrolik ini jarang terjadi kebocoran tapi jika pemilihannya tidak tepat akan menyebabkan masalah yang cukup rumit, jika ada kebocoran pada busing hidrolik bisa dengan mengundang tekhnisi untuk memperbaikinya.
-          Pemilihan seal hidrolik yang kurang tepat
Pemilihan seal hidrolik yang kurang tepat ini bisa diidentifikasi dengan adanya rembesan oli pada seal hidrolik cuci mobil. Solusinya adalah dengan mengganti seal hidrolik yang baru.

2.    Methods
-          Tindakan perbaikan yang kurang tepat
Faktor perbaikan pula yang menambah kebocoran pada komponen hidrolik, perbaikan yang kurang tepat membuat masalah yang harusnya terselesaikan malah menjadi terulang kembali, seperti menambal berkali kali kebocoran pada pipa instalasi yang sudah korosi, lebih di rekomendasi untuk menggantinya dengan yang baru agar kerusakan tidak berulang terus menerus.
-          Tindakan penggantian yang tidak tepat
Penggantian yang tidak tepat juga dapat membuat masalah kerusakan tidak cepat terselesaikan, seperti pemasangan busing hidrolik yang tidak sesuai standarnya atau terkesan mencoba coba, lebih baik memanggil tekhnisi untuk memperbaikinya.

3.    Machine
-          Pipa instalasi sudah berumur / korosi
Pipa instalsi yang sudah berumur / korosi dapat menyebabkan hidrolik tidak bekerja dengan baik, karena tindakan yang kurang tepat dapat menambah kebocoran pada komponen hidrolik itu sendiri.
-          Piston hidrolik turun dengan sendiri
Piston hidrolik dapat turun sendiri, penyebab kerusakannya yaitu ada pada seal hidrolik cuci steam kendaraan, karena rembesan oli pada seal hidrolik dan pemilihan seal hidrolik yang kurang tepat. Solusinya yaitu mengganti seal hidrolik dengan yang baru.
-          Angin palsu pada hidrolik
Angin palsu juga bisa jadi masalah bagi hidrolik cuci mobil. Penyebab angin palsu ini bisa terjadi karena pada saat melakukan penambahan oli hidrolik, sepuyer angin tidak dilepas, ini bisa menyebabkan tekanan balik yang akhirnya piston hidrolik cuci mobil turun sendiri. Solusinya, turunkan piston sampai mentok, buka bagian lubang pada pengisina oli hidrolik dan buka sepuyernya biarkan gelembung-gelembung oli sampai habis kira-kira dibutuhkan waktu 15 menit. Setelah itu ditutup kembali.

4.    Materials
-          Pelumasan pada hidrolik tidak tepat
Pelumasan oli pada hidrolik tidak tepat dapat juga merusak bagian dan komponen pada mesin hidrolik itu sendiri. Gunakan oli yang standar pada hidrolik karena fungsi oli disini untuk mengatur pelannya naik turun hidrolik dan dapat menanganinya dengan tambahkan oli pada hidrolik.
-          Kesalahan pada saat pengisian oli hidrolik
Kesalahan pada saat melakukan penambahan atau pengisian oli hidrolik dan sepuyer angin tidak dilepas, ini bisa menyebabkan tekanan balik yang akhirnya piston hidrolik cuci mobil turun sendiri. Lakukan penambahan atau pengisian oli pada hidrolik dengan standar yang benar.

            Setelah dilakukan analisis penyebab dengan diagram sebab-akibat (fish bone) dan berdasarkan analisa saya sendiri, maka didapat penyebab dominan yang menyebabkan bocornya komponen pada hidrolik cuci steam kendaraan, yaitu:
1)      Kebocoran pada pipa instalasi hidrolik
2)      Masalah pada seal hidrolik
3)      Angin palsu pada hidrolik
4)      Permasalahan pada piston hidrolik

Saran saya untuk mencegah hal tersebut terjadi adalah Periksalah volume oli yang terdapat pada tabung Hidrolik Mobil atau Motor, Jika ternyata volume oli tersebut berkurang, maka lakukan penambahan hingga sesuai ketentuan. Pergunakan oli bekas yang telah anda saring atau anda endapkan.
Periksalah bagian piston Hidrolik Mobil atau Motor, jika permukaan piston kering, maka hal ini adalah normal dan hidrolik dalam kondisi baik. tapi jika dinding piston ini basah oleh oli, maka lakukanlah penggantian seal hidrolik. Biasakanlah membersihkan dinding piston sebelum piston tersebut diturunkan. Hal ini untuk mencegah terjadinya kerusakan pada dinding piston dan seal hidrolik yang diakibatkan oleh pasir atau kotoran lainnya.




DAFTAR PUSTAKA



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Politik dan Strategi Nasional

Metode Penelitian Uji Impact

TEKNIK BONGKAR PASANG